PRESENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PRESENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


BAB I
PENDAHULUAN
     
A.       Latar Belakang
     Peningkatan kualitas pendidikan menjadi tuntutan dalam dunia pendidikan. Kualitas tersebut dapat mencakup input, proses, maupun output dalam pendidikan. Hal ini menjadi tantangan bagi para pendidik. Oleh karena itu, para pendidik, dalam hal ini guru dituntut untuk selalu melakukan perbaikan tersebut. Usaha-usaha tertentu perlu dilakukan dalam kaitannya dengan penyelesaian permasalahan praktis yang sering dijumpai di kelas. Kiranya penelitian tindakan kelas merupakan salah satu alternatif yang dapat ditempuh dalam rangka perbaikan kualitas pendidikan tersebut.
Menurut Sumarno, penelitian tindakan kelas atau classroom action research merupakan salah satu pendekatan yang dapat dipakai untuk menghasilkan perbaikan praktik, pemberian kesempatan terjadinya perubahan yang bersifat rasional, tidak terlalu bersandar ada kekuatan perintah dan pengalaman akan membentuk pengertian berdasarkan bukti nyata yang dialami secara langsung. Dengan penelitian tindakan kelas, para peneliti termasuk guru dapat dengan segera mengetahui permasalahan yang dihadapi dan selanjutnya mencari upaya tertentu sebagai tindakan untuk memecahkan permasalahan tersebut.
Dalam makalah ini akan dibahas tentang cara-cara merancang PTK dan juga akan dibahas tentang proposal PTK yang akan bermanfaat sebagai bekal kita menjadi seorang guru.
B.       Rumusan Masalah
1.         Apa pengertian rancangan penelitian tindakan kelas?
2.         Bagaimana merancang penelitian tindakan kelas?
3.         Bagaimana contoh rancangan penelitian tindakan kelas?

BAB II
PEMBAHASAN

A.         Rancangan Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah proses pemecahan masalah yang dilakukan secara sistematis, artinya dilakukan secara bertahap. Tahap pertama yang harus dilakukan dalam proses perencanaan PTK adalah menyusun rancangan PTK itu sendiri atau menyusun perencanaan. Dalam konteks penelitian tindakan, perencanaan merupakan keputusan yang diambil oleh peneliti untuk menentukan masalah penelitian dan tindakan yang diambil untuk memecahkan masalah.[1]
Pada tahap perencanaan tindakan diharuskan untuk membuat sebuah rencana yang dapat mengeksplorasi masalah yang sudah diidentifikasi pada tahap sebelumnya.[2]
Rencana tindakan mencakup seluruh langkah tindakan secara rinci, mulai dari materi/bahan ajar, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang mencakup metode/teknik mengajar, sampai pada instrumen pengamatan (observasi) dan evaluasi.[3]
Ada beberapa manfaat yang dapat dipetik dengan merumuskan perencanaan, yaitu:
1.         Melalui perencanaan yang matang, peneliti dapat memfokuskan masalah lebih akurat
2.         Peneliti dapat menentukan tindakan apa yang harus dilakukan
3.         Melalui proses perencanaan, peneliti dapat memprediksi hal-hal yang mungkin terjadi selama proses tindakan dilakukan, sehingga peneliti dapat mengantisipasinya lebih dini
4.         Peneliti dapat menentukan segala sesuatu yang harus tersedia serta cara menyediakannya untuk mendukung keberhasilan proses tindakan
5.         Peneliti dapat menentukan instrumen penelitian atau alat pengumpul data serta teknis menganalisisnya.[4]
B.         Merancang Pelaksanaan PTK
       Ada beberapa kegiatan yang perlu dilakukan dalam merancang pelaksanaan PTK, diantaranya :
1.         Menentukan model dan pola PTK yang akan digunakan. Seperti yang sudah dijelaskan, banyak model yang dapat kita pilih untuk melaksanakan PTK. Tidak ada suatu pedoman, model mana yang dapat kita tentukan untuk pelaksanaan PTK. Semuanya sangat tergantung pada permasalahan serta pemahaman peneliti akan model yang dipilih. Bisa terjadi guru atau peneliti memodifikasi model tertentu yang disesuaikan dengan situasi dan keadaan sekolah tempat guru itu bertugas.
2.         Menyusun desain dan langkah-langkah tindakan yang akan dilakukan sesuai dengan fokus masalah dan hipotesis penelitian.
3.         Mengidentifikasikan berbagai komponen yang diperlukan untuk kelancaran pelaksanaan PTK. Misalnya melakukan koordinasi dengan orang-orang yang akan terlibat dalam pelaksanaan PTK, serta menyusun program kegiatan termasuk jadwal pelaksanaan tindakan.
4.         Mempersiapkan segala sesuatuyang diperlukan untuk tindakan yang akan dilaksanakan, termasuk menyediakan alat dan bahan yang diperlukan, serta menyusun instrumen penelitian seperti pedoman observasi yang sangat dibutuhkan untuk menilai proses pembelajaran.[5]


























 
BAB III
PENUTUP

A.       Kesimpulan
       Adapun dalam penelitian tindakan kelas itu harus mempunyai rancangan bagaimana agar penelitian nanti berjalan lancar dan inilahcara merancang Penelitian tindakan kelas yaitu Menentukan model dan pola PTK yang akan digunakan, menyusun desain dan langkah-langkah tindakan yang akan dilakukan sesuai dengan fokus masalah dan hipotesis penelitian, mengidentifikasikan berbagai komponen yang diperlukan untuk kelancaran pelaksanaan PTK,  dan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk tindakan yang akan dilaksanakan dan contoh rencana pelaksanaan penelitian tindakan kelas atau RPP sebagai alat dalam melakukan penelitian tindakan kelas.















DAFTAR PUSTAKA
Daryanto.Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media. 2011.
Huda, Miftahul.Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2015.
Mulyasa. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda. 2009.
Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media Grup. 2013.
Sanjaya, Wina.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Grup. 2012.

             


[1] Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas(Jakarta: Prenada Media Grup, 2012), 64.
[2]Miftahul Huda, Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015), 17.
[3]Daryanto, Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah (Yogyakarta: Gava Media, 2011), 25.
[4] Sanjaya, Penelitian, 64-65.
                [5] Wina Sanjaya, Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur (Jakarta: Prenada Media Grup, 2013), 173.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Advertisement

Popular Posts

Category 1

No one has ever become poor by giving, Please Donate

Popular Posts

Subscribe Via Email

Sign up for our newsletter, and well send you news and tutorials on web design, coding, business, and more! You'll also receive these great gifts:

Subscribe Via Email

LightBlog

Daftar Blog Saya

Slider

Fashion

Music

Text Widget

Follow Us @soratemplates

Fashion

Technology

Fashion

Diberdayakan oleh Blogger.

ads

show

Facebook

My Instagram

Cari Blog Ini

Temukan makalahmu...

Facebook

Stay Connected

Comments

Blogroll

Follow us

Vertical1

Featured Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Video Of Day

Subscribe for New Post Notifications

Followers

Fixed Link!

Welcome To Basil

Home Top Ad

Responsive Ads Here

My Instagram

Translate

Makalah dan PPT

Site Links

Flickr Images

Hello! We’re Fenix Creative Photo Studio

Sepakbola

Ethereum

Ripple

Laman

LightBlog

Pages - Menu

Adbox

Bitcoin

Litecoin

7

News

Sports

Food

Technology

Featured

Videos

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Featured Posts

Statistik

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Random Posts

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Recent

Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Hello, here you can tell something about yourself or you can put your blog description here or even you can add some quote of your choice here. This is an optional text area which you can hide or delete from the layout. Its totally dependent upon you if you want this text area or not.

Ads

test

Sponsor Advertisement

Ads

Hey there, We are Blossom Themes! We are trying to provide you the new way to look and use the blogger templates. Our designers are working hard and pushing the boundaries of possibilities to widen the horizon of the regular templates and provide high quality blogger templates to all hardworking bloggers!

Follow us on FaceBook

Popular Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.