(3) SEGMENTASI PASAR JASA PENDIDIKAN


SEGMENTASI PASAR JASA PENDIDIKAN



BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Dalam konteks rumah tangga negara pendidikan merupakan hak setiap warga negara. Maka didalamnya mengandung makna bahwa negara berkewajiban memberikan layanan pendidikan kepada warganya. Karena itu pengelolaan sistem pembangunan pendidikan harus didesain dan dilaksanakan secara bermutu, efektif, dan efisien. Pelayanan pendidikan harus berorientasi pada upaya peningkatan akses pelayanan yang seluas-luasnya bagi warga masyarakat.
Dewasa ini persaingan antar sekolah semakin interaktif. Pemasaran untuk lembaga pendidikan mutlak diperlukan. Sekolah sebagai lembaga penyedia jasa pendidikan perlu belajar dan memiliki inisiatif untuk meningkatan kepuasaan pelanggan (peserta didik). Karena pendidikan merupakan proses yang saling mempengaruhi dan berkelanjutan. Dalam bidang pendidikan, kegiatan pemasaran dapat meliputi perencanaan produk pendidikan, penentuan harga dan mempromosikan produk pendidikan yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan yang bersangkutan.
Oleh karena itu, dalam upaya peningkatan pelayanan pendidikan sangat diperlukan pemasaran jasa pendidikan.
B.  Rumusan Masalah
1.    Bagaimana pengertian segmentasi pasar jasa pendidikan?
2.    Bagaimana pendekatan segmentasi pasar jasa pendidikan?
3.    Bagaimana proses segmentasi pasar jasa pendidikan?
4.    Bagaimana identifikasi alternatif berbasis segmentasi pasar jasa pendidikan?
5.    Bagaimana pemilihan basis terbaik segmentasi pasar jasa pendidikan?


BAB II

PEMBAHASAN

A.  Pengertian Segmentasi Pasar Jasa Pendidikan
Segmen pasar adalah sekelompok orang dengan karakteristik yang sama untuk melayani organisasi, seperti umur, status ekonomi, tingkat pendidikan, status sosial, jumlah anak, serta kekuatan politik. Segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang dibedakan menurut tingkah laku, kebutuhan, atau karakteristik yang mungkin membutuhkan produk yang berbeda.[1]
Segmentasi pasar bertujuan untuk membagi pelanggan atau para pemangku kepentingan yang berbeda kekelompok yang lebih homogeny guna mengidentifikasi kebutuhan, keinginan, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan dan keinginan.[2]
B.   Pendekatan Segmentasi Pasar Jasa Pendidikan
Ada 3 alternatif pendekatan segmentasi pasar jasa pendidikan:
1.    Pendekatan pemasaran tanpa pembedaan/ diferensiasi, yaitu pendekatan pemasaran jasa pendidikan dimanati dakada pembagian khusus atau segmenter tentu pada pasar jasa pendidikan (tidak memiliki segmentasi pasar jasa pendidikan atau melayani semua pelanggan jasa pendidikan).
2.    Pendekatan pemasaran dengan pembedaan/ diferensiasi, yaitu sekolah mengidentifikasi beberapa segmen pasar di pasar jasa pendidikan dan menerapkan bauran pemasaran jasa pendidikan yang berbeda untuk setiap segmen pasar jasa pendidikan.
3.    Pendekatan pemasaran terkonsentrasi, yaitu sekolah dapat menerapkan bauran pemasaran jasa pendidikan serupa, pada setiap segmen jasa pendidikan yang ada meskipun pasar jasa pendidikan terbagi dalam beberapa segmen. 
 C. Proses Segmentasi Pasar Jasa Pendidikan
Menurut Kotler dan Andreasen menyatakan proses segmentasi pasar meliputi tiga tugas penting yaitu :
1.   Mengidentifikasi dasar segmentasi pasar, yaitu seperti pada karakteristik warga sekolah yang mempunyai kepentingan pada sekolah serta karakteristik pada keluarga sekolah berisiko, siswa yang luar biasa, pembicara bahasa inggris yang terbatas atau tinggi rendahnya status sosial ekonomi keluarga.
2. Mengembangkan  profil segmen pasar yang dihasilkan, yaitu  dengan pengumpulan data berbagai karakteristik tersebut tampak pada individu yang gagal dalam segmen pasar tertentu.
3.  Mengembangkan ukuran ketertarikan segmen pasar yaitu seberapa besar kebutuhan program pendidikan tertentu dari kelompok tertentu dan bagaimana cara memasuki kelompok tersebut.[3]
Sebelum membagi pasar jasa pendidikan ke beberapa segmen pasar jasa pendidikan tertentu, biasanya dilakukan riset pasar jasa pendidikan terlebih  dahulu sehingga diharapkan dapat diketahui segmen pasar jasa pendidikan tertentu yang dapat dipenuhi kebutuhan dan keinginan nya oleh sekolah.
Adapun tujuan utama dalam segmentasi pasar jasa pendidikan yaitu melayani pelanggan jasa pendidikan secara lebih baik dan memperbaiki posisi kompetitif sekolah terhadap pesaing.
Selain tujuan utama tersebut juga diiringi tujuan lain yang lebih sempit seperti meningkatkan penjualan jasa pendidikan, meningkatkan pangsa pasar jasa pendidikan, melakukan komunikasi dan promosi jasa pendidikan dan memperkuat citra pendidikan.[4]
Menurut Lupiyadi dan Hamdani, ada 5 manfaat yang diperoleh setelah melakukan segmentasi pasar jasa pendidikan, antara lain:
1.    Merancang jasa pendidikan yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar jasa pendidikan.
2.    Menganalisis pasar jasa pendidikan.
3.    Menemukan peluang jasa pendidikan.
4.    Menguasai posisi unggul dan kompetitif jasa pendidikan.
5.    Menentukan  strategi komunikasi pemasaran jasa pendidikan yang efektif dan efisien.[5]
Pembagian segmen pasar jasa pendidikan harus dilakukan berdasarkan riset pemasaran jasa pendidikan yang memadai, karena agar dapat masuk segmen pasarjasa pendidikan tertentu ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan, yaitu:
1. Segmen pasar jasa pendidikan cukup besar atau tidak.
2. Daya beli jasa pendidikan.
3. Adanya perbedaan dengan segmen lainnya.
4. Adanya Sekolah pesaing lain yang menguasai segmen pasar pendidikan.
5. Dapat tidaknya pasar tersebut dapat dijangkau.
6. Cara menjangkau pasar jasa pendidikan tersebut.
7. Sekolah memiliki sumber daya yang memadai.[6]
D. Identifikasi Alternatif Basis Segmentasi Pasar Jasa Pendidikan
 Identifikasi alternatif basis segmentasi pasar jasa pendidikan berdasarkan dua pendekatan, yaitu:
1. Karakteristik konsumen, yaitu segmentasi pasar jasa pendidikan berdasarkan pada aspek tertentu:
a. Demogragi dan sosial ekonomi yalitu variabel demografi (jenis kelamin, usia, ukuran keluarga dan variabel sosial- ekonominya (pendapatan, pendidikan, kelas sosial dan etnis)
b.    Psikografi, yang mengacu pada tingkah laku dan gaya hidup masyarakat
c. Geografi, yang meliputi variabel lingkup pasar, pertimbangan dimana jasa pendidikan dilakukan, pengukuran pasar geografis jasa pendidikan termasuk kepadatan penduduk, pegaruh iklim, dan standarisasi wilayah pasar jasa pendidikan.
2. Tanggapan konsumen, yaitu segmentasi pasar jasa pendidikan berdasarkan aspek, yaitu:
a. Manfaat, bahwa manfaat yang dicari pelanggan jasa pendidikan dari jasa produk jasa pendidikan adalah alasan pelanggan membeli produk jasa pendidikan.
b.    Penggunaan, yang berfokus pada jenis dan batasan penggunaan produk.
c. Promosi, berfokus pada cara-cara pelanggan menanggapi aktivitas promosi sekolah, termasuk tanggapan terhadap iklan dan pameran pendidikan.
d. Loyalitas, berfokus pada batasan loyalitas, seperti pelanggan setia terhadap merek pendidikan, menggilir merek pendidikan atau sekolah yang disukai.
e.    Jasa, menyangkut dalam pengelompokan produk jasa pendidikan berakibat pelanggan jasa pendidikan dapat dilayani dengan layanan jasa pendidikan yang sama.
Adapun beberapa alasan yang menjadikan segmentasi pasar jasa pendidikan, yaitu:
1. Semakin maju kehidupan manusia, semakin heterogen masyarakat, semakin beragam kebutuhan dan selera masyarakat. Oleh karena itu, tidak ada produk jasa pendidikanpun yang memuaskan secara tepat sesuai kebutuhan manusia.
2.  Semakin maju perekonomian, semakin banyak sekolah kompetitor yang harus dihadapi. Oleh karena itu, segmentasi pasar jasa pendidikan dapat mencegah sekolah yang memmbuang sumber dayanya ditempat yang tidak tepat.
3. Segmentasi pasar pendidikan membantu sekolah agar meraih keunggulan kompetitif terhadap sekolah pesaingnya melalui differensiasi produk jasa pendidikan.
4.  Segmentasi pasar jasa pendidikan membantu sekolah menemukan segmen-segmen pasar jasa pendidikan yang dapat dilayani secara maksimal oleh sekolah.[7]
E. Pemilihan Basis Terbaik Segmentasi Pasar Jasa Pendidikan
Sekolah sebaiknya dapat memperthatikan cara segmentasi alternatif yang dapat memberi keuntungan dibandingkan sekolah pesaingnya. Lupiyadi dan Hamdani mengemukakan tiga faktor yang perlu diperhatikan dalam mengevaluasi segmen pasar jasa pendidikan, yaitu:
1.    Ukuran dan pertumbuhan segmen.
Segmen pasar memiliki ukuran yang besar dan pertumbuhan yang cepat akan menarik semua sekolah, tetapi sekolah harus memperhatikan sumber daya pendidikan dan kemampuan bersaing di segmen pasar jasa pendidikan tersebut.
2.    Daya tarik struktural segmen
Ada beberapa faktor struktural utama yang mempengaruhi daya tarik segmen pasar jasa pendidikan dalam jangka panjang seperti sekolah pesaing yang kuat dan agresif, keberadaan produk pengganti jasa pendidikan, kekuatan tawar-menawar pelanggan jasa pendidikan, dan pemasok jasa pendidikan yang kuat.
3.    Sasaran dan sumber daya organisasi.
Segmen pasar jasa pendidikan yang besar dan menarik tidak akan berarti jika sumber daya yang ada tidak memungkinkan sekolah untuk bersaing di segmen pasar jasa pendidikan tersebut.[8]



[1] David Wijaya, Pemasaran Jasa Pendidikan (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016), 47.
[2] Ibid., 47.
[3] David Wijaya, Pemasaran Jasa Pendidikan., 49.
[4] Ibid., 49.
[5] David Wijaya, Pemasaran Jasa Pendidikan., 50.
[6] Ibid., 50.
[7] Ibid., 51.
[8] Ibid., 53.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Advertisement

Popular Posts

Category 1

No one has ever become poor by giving, Please Donate

Popular Posts

Subscribe Via Email

Sign up for our newsletter, and well send you news and tutorials on web design, coding, business, and more! You'll also receive these great gifts:

Subscribe Via Email

LightBlog

Daftar Blog Saya

Slider

Fashion

Music

Text Widget

Follow Us @soratemplates

Fashion

Technology

Fashion

Diberdayakan oleh Blogger.

ads

show

Facebook

My Instagram

Cari Blog Ini

Temukan makalahmu...

Facebook

Stay Connected

Comments

Blogroll

Follow us

Vertical1

Featured Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Video Of Day

Subscribe for New Post Notifications

Followers

Fixed Link!

Welcome To Basil

Home Top Ad

Responsive Ads Here

My Instagram

Translate

Makalah dan PPT

Site Links

Flickr Images

Hello! We’re Fenix Creative Photo Studio

Sepakbola

Ethereum

Ripple

Laman

LightBlog

Pages - Menu

Adbox

Bitcoin

Litecoin

7

News

Sports

Food

Technology

Featured

Videos

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Featured Posts

Statistik

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Random Posts

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Recent

Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Hello, here you can tell something about yourself or you can put your blog description here or even you can add some quote of your choice here. This is an optional text area which you can hide or delete from the layout. Its totally dependent upon you if you want this text area or not.

Ads

test

Sponsor Advertisement

Ads

Hey there, We are Blossom Themes! We are trying to provide you the new way to look and use the blogger templates. Our designers are working hard and pushing the boundaries of possibilities to widen the horizon of the regular templates and provide high quality blogger templates to all hardworking bloggers!

Follow us on FaceBook

Popular Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.