PENELITIAN RENCANA TINDAKAN PEMECAHAN MASALAH, TUJUAN, DAN MANFAAT DALAM PTK


Penentuan Rencana Tindakan Pemecahan Masalah, Tujuan, Dan Manfaat Dalam PTK
Makalah ini disusun untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah
Metodologi Penelitian Tindakan Kelas
Disusun Oleh: Kelompok5
FitroturRohmah          (210315093)
Rafika Sa’adah           (210315094)
Wiamril(210315086)
Dosen Pengampu:
Dr. Ju’ Subaidi, M.Ag.
FAKULTAS TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONOROGO
MARET 2018
BAB I
PENDAHULUAN
      A.    Latar Belakang
Dalam  kegiatan  pembelajaran,  seorang  guru  pasti  berhadapan  dengan berbagai  persoalan  baik  menyangkut  peserta  didik,  subject  matter,  maupun metode  pembelajaran.  Sebagai  seorang  profesional,  guru  harus  mampu membuat  prefessional  judgement    yang  didasarkan  pada  data  sekaligus  teori yang  akurat.  Selain  itu  guru  juga  harus  melakukan  peningkatan  mutu pembelajaran secara terus menerus agar prestasi belajar peserta didik optimal disertai  dengan kepuasan  yang  tinggi.  Menurut  Permenegpan  &  RB  Nomor  16 tahun  2009,  tentang  Jabatan  funsional  Guru  dan  Angka  Kreditnya,  guru  wajib dinilai  kinerjanya  dan  melaksanakan  kegiatan  Pengembangan  Kepfofesian Berkelanjutan (PKB). Salah satu kegiatan PKB yang dapat dilakukan oleh guru adalah  melaksanakan  penelitian.  Untuk  mewujudkan  hal  tersebut  guru  harus mempunyai  kemampuan  meneliti,  khususnya  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK). Namun  kenyataannya  banyak  guru  yang  belum  mampu  melakukan  penelitian, penelitian masih merupakan kegiatan yang dirasakan sangat sulit bagi guru.
Untuk  mengatasi  masalah  tersebut,  dan  mendorong  agar  guru  mampu melakukan penelitian khususnya penelitian tindakan kelas, guru perlu memahami dan  mengerti  konsep  PTK  dan  pentingnya  PTK  bagi  peningkatan  mutu pembelajaran  di  kelas. Oleh karena itu , maklah ini akan membahas Rencana Pelaksanaan Pemecahan Masalah, Tujuan, dan Manfaat dalam PTK.
      B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana Penentuan Rencana Tindakan Pemecahan Masalah?
2.      Apa Tujuan Penentuan Rencana Tindakan dalam PTK?
3.      Apa Manfaat Penentuan Rencana Tindakan dalam PTK?

BAB II
PEMBAHASAN
    A.    Penentuan Rencana Tindakan Pemecahan Masalah
Dalammemformulasikanmasalahkiranyapenelitianperlumemperhatikanbeberapaketentuan yang biasanyaberlakuyaitudenganmemperhatikanhal-halsebagaiberikut:
1.   AspekSubstansi
Dari sisiaspeksubstansiatauisi yang terkandungperludilihatdaribobotataunilaikegunaanmanfaatpemecahanmasalahmelaluitindakansepertinilaiaplikatifnyauntukmemecahkanmasalahserupa/mirip yang dihadapi guru, kegunaanmetodelogidengandiketemukannya model tindakandanprosedurnya, sertakegunaanteoretikdalammemperkayaatau mengoreksiteoripembelajaran yang sedangberlaku.
2.      AspekFormulasi
Padaaspekformulasi, masalahdirumuskandalambentukkalimatinteragatif (pertanyaan), meskipuntidakdilarangdirumuskandalambentukdeklaratif (pernyataan).Hendaknyadalamrumusanmasalahtidakterkandungmasalahdalammasalah.
3.      AspekTeknis
Dari aspekteknis, menyangkutkemampuandankelayakanpenelitiuntukmelakukanpenelitianterhadapmasalah yang dipilih.Pertimbangan yang dapatdiajukansepertikemampuanteoretikdanmetodologipembelajaran, penguasaanmateri ajar, kemampuan-kemampuanmetodologipenelitiantindakan, waktu, tenagadanperhatianterhadapmasalah yang akandipecahkan.[1]

Berdasarkanmasalahdanhipotesistindakan yang telahberhasildirumuskan, selanjutnyasusunlahperencanaantindakanuntukmengujisecaraempirishipotesis.Tuliskalahrencanatindakan yang diperlukanuntukmelaksanakan PTK, mulaidarimateri, bahan ajar, silabusdanrencanapelaksanaanpembelajaran yang mencangkupmetode, teknikmengajar, sampaipadainstrumenpengamatan (observasi) danevaluasi.

Contohilustrasi
Bapak Ahmad, seorang guru kelas IV SDN 01 MlilirMadiuntelahberhasilmengidentifikasimasalah yang terjadipadapembelajaran IPA di kelasnyadanberhasilmerumuskanmasalahsebagaiberikut: “Apakahpembelajarandenganmetodeeksperimenpola SEQIP padamatapelajaran IPA dapatmeningkatkanaktivitasdanpenguaaanmaterisiswakelas IV SDN 01 Mlilir?”.Kemudian Pak Amad, merumuskanalternatiftindakanuntukmemecakanmasalahtersebutdanmerumuskanhipotesistindakan (jawabansementaraterhadapmasalahtersebut)yaitu “pembelajaran IPA kelas IV SD denganmenggunakanmetodeeksperimenpola SEQIP dapatmeningkatkanaktivitasdanpenguasaanmateri IPA siswa”. Selanjutnya, Pak Ahmad melakukanpersiapandanperencanaanuntukmelaksanakan PTK di kelasnya.Perencanaan yang disusun Pak Ahmad adalah:
a.       Menetapkanmateripokokpadamatapelajaran IPA yang menjadisumbermasalahrendahnyahasilbelajarsiswa.
b.      Menetapkanrencanasiklustindakan, yaitu PTK akandilakukandalamsiklustindakan.
c.       Menyusunsilabusdanrencanapelaksanaanpembelajaran.
d.      MenyusunbahanajarberupaLembarKerjaSiswa (LKS) yang berisieksperimenpola SEQIP (Scince Education Quality Improvement Project).
e.       Menysunalat (Instrumen) observasibaikuntuksiswamaupununtuk guru peneliti.
f.       Menyusunrencanaevaluasi (teshasilkerja) untukmelihattingkatpenguasaanmaterisiswapadatiapsiklusnya.[2]
     B.     Tujuan Penentuan RencanaTindakan  Dalam PTK
                          Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) secara umum yaitu meningkatkan dan memperbaiki praktik pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru. Dan pengembangan keterampilan guru berdasarkan persoalan-persoalan pembelajaran yang dihadapi guru di kelas dan bukan bertujuan untuk pencapaian pengetahuan umum dalam bidang pendidikan.[3]McNiif (1992) menegaskan bahwa dasar utama pelaksanaan PTK adalah untuk perbaikan. Perbaikan disini terkait dengan konteks proses pembelajaran. jika tujuan PTK adalah untuk perbaikan dan peningkatan layanan profesional pendidik dalam menangani proses belajar mengajar, dan tujuan itu dapat dicapai denga melakukan berbagai tindakan alternatif yang direncanakan oleh guru , kemudian diuji cobakan, dan evaluasi untuk mengetahui efektivitastindakan-tindakan alterntive itu dalam memecahkan berbagai persoalan pembelajaran yang dihadapi oleh guru.[4]
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) secara umum yaitu sebagai berikut:
1.      Salah satu cara strategi guna memperbaiki layanan, maupun hasil kerja dalam suatu lembaga pendidikan.
2.      Mengembangkan rencana tindakan guru dan meningkatkan apa yang telah dilakukan oleh seorang guru.
3.      Mewujudkan proses penelitian yang mempunyai manfaat ganda, yaitu bagi peneliti memperoleh informasi yang berkaitan dengan permasalahan yanghendak dipecahkan, dan pihak subyek yang diteliti mendapatkan manfaat langsung dari tindakan yang nyata yang telah diberikan.
4.      Tercapainya konteks pembelajaran dari pihak yang terlibat dalam kegiatan penelitian, yaitu peneliti dan para subyek yang diteliti.
5.      Timbulnya budaya meneliti yang terkait dengan prinsip tetap bekerja, dapat melakukan penelitian di bidang yang ditekuninya.
6.      Timbulnya kesadaran pada subyek yang diteliti, sebagai akibat adanya tindakan nyata guna meningkatkan kualitas.
7.      Diperolehnya pengalaman nyata yang berkaitan erat dengan usaha peingkatan kualitas secara profesional maupun akademik.[5]
      C.    Manfaat Penentuan Rencana Tindakandalam PTK
Penelitian tindakan kelas (PTK) memiliki manfaat yang banyak dalam pendidikan. Baik bagi guru, siswa, maupun bagi sekolah itu sendiri. Berikut penjelasannya:
1.      Manfaat PTK bagi Guru
PTK memiliki manfaat yang sangat besar bagi guru, diantaranya:
a.       PTK dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang menjadi tanggung jawabnya. Hal ini disebabkan PTK diarahkan untuk meningkatkan kinerja guru, melalui proses pemecahan masalah yang dihadapi ketika guru melakukan proses belajar mengajar.
b.      Melalui perbaikan dan peningkatan kinerja guru, dengan itu maka akan tumbuh kepuasan dan rasa percaya diri yang dapat dijadikan modal untuk meningkatkan kemampuan dan kinerjanya secara terus menerus.
c.       Keberhasikan PTK dapat berpengaruh terhadap guru lain.
d.      PTK dapat mendorong guru untuk memiliki sifat profesional, bagaimana ia dapat mendeteksi kelemahan dalam mengajar, menemukan berbagai permasalahan yang dapat mengganggu proses pembelajaran, serta berusaha untuk mencari alternatif pemecahannya.
e.       Guru akan selalu mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Melalui PTK guru akan tanggap terhadap perubahan sosisl maupun psikologi yang dapat memberikan alternatif baru yang lebih baik dalam pengelolaan pembelajaran.
2.      Manfaat PTK bagi Siswa
a.       Melalui PTK dapat mengurangi rasa jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran. guru mencoba hal-hal baru yang tidak seperti biasanya, dengan demikian dapat menciptakan suasana baru yang dapat meningkatkan gairah belajar siswa.
b.      PTK dapat berpengaruh positif terhadap pencapaian hasil belajar siswa.
Tujuan akhir dari pelaksanaan PTK adalah hasil belajar siswa yang optimal. Dengan demikian kemampuan siswa untuk mencapai hasil hasil belajar yang lebih baik akan menjadi bidikan guru yang melaksanakan PTK.
3.      Manfaat PTK bagi Sekolah
Guru-guru yang kreatif dan inovatif yang selalu berupaya meningkatkan hasil belajar siswa, dan secara langsung akan membantu sekolah yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pendidikan untuk mendidik siswanya. Dengan demikian tidak dapat dipungkiri lagi manfaat PTK untuk sekolah karena sebab keberadaan dan sikap guru memiliki hubungan yang erat dengan kemajuan suatu sekolah. Sekolah yang dihuni guru-guru tidak kreatif akan sulit memajukan sekolah yang bersangkutan. Sebaliknya guru-guru yang di suatu sekolah memiliki sikap profesional yang tinggi kreatif inovatif maka terbuka kesempatan bagi sekolah yang bersangkutan untuk maju dan berkembang.
4.      Manfaat PTK untuk Perkembangan Teori Pendidikan
PTK dapat menjembatani antara teori dan praktik. Teori sebagai hasil proses berfikir deduktif-induktif, penuh dengan pembahasan abstrak yang tidak semua orang dapat memahaminya sehangga sulit untuk dipraktikkan oleh para praktisi dilapangan. Dengan kata lain teori biasanya hanya dikonsumsi oleh para akademikus yang selalu berusaha untuk menjelaskan keterkaitan antaradua variabel atau lebih. PTK yang bersifat kolaboratif antara setiap unsur yang berkepentingan termasuk kolaborasi antara guru dan orang LPTK, memiliki potensi untuk menerjemahkan teori yang bersifat konseptual ke dalam hal-hal yang bersifat riil dan praktis.[6]



BAB III
PENUTUP
      A.    Kesimpulan
1.      Dalammemformulasikanmasalahkiranyapenelitianperlumemperhatikanbeberapaketentuan yang biasanyaberlakuyaitudenganmemperhatikan bererapa aspek diantaranya aspek subtansi, aspek formulasi, dan aspek teknisi.
2.      Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) secara umum yaitu meningkatkan dan memperbaiki praktik pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru. Dan pengembangan keterampilan guru berdasarkan persoalan-persoalan pembelajaran yang dihadapi guru di kelas dan bukan bertujuan untuk pencapaian pengetahuan umum dalam bidang pendidikan.
3.      Penelitian tindakan kelas (PTK) memiliki manfaat yang banyak dalam pendidikan. Baik bagi guru, siswa, maupun bagi sekolah itu sendiri.





DAFTAR PUSTAKA
Ghony , Djunaidy. 2008. Penelitian Tindakan Kelas.Malang: UIN-Malang.
Daryanto. 2011. PenelitianTindakanKelasdanPenelitianTindakanSekolahan.Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Mahmud. 2011.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sukardi. 2013. Metode Penelitian Tindakan Kelas Implementasi Dan Pengembangannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wina Sanjaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




[1] DjunaidyGhony, PenelitianTindakanKelas (Malang: UIN-Malang Press 2008), 38-39.
[2]Daryanto, PenelitianTindakanKelasdanPenelitianTindakanSekolahan, (Yogyakarta: GAVA MEDIA, 2011), 25-26
[3]Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia, 2011), 204.
[4]Djunaidy Ghony, Penelitian Tindakan Kelas, 28.
[5]Sukardi, Metode Penelitian Tindakan Kelas Implementasi Dan Pengembangannya, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013), 21-22.
[6]Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009), 34-36.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Advertisement

Popular Posts

Category 1

No one has ever become poor by giving, Please Donate

Popular Posts

Subscribe Via Email

Sign up for our newsletter, and well send you news and tutorials on web design, coding, business, and more! You'll also receive these great gifts:

Subscribe Via Email

LightBlog

Daftar Blog Saya

Slider

Fashion

Music

Text Widget

Follow Us @soratemplates

Fashion

Technology

Fashion

Diberdayakan oleh Blogger.

ads

show

Facebook

My Instagram

Cari Blog Ini

Temukan makalahmu...

Facebook

Stay Connected

Comments

Blogroll

Follow us

Vertical1

Featured Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Video Of Day

Subscribe for New Post Notifications

Followers

Fixed Link!

Welcome To Basil

Home Top Ad

Responsive Ads Here

My Instagram

Translate

Makalah dan PPT

Site Links

Flickr Images

Hello! We’re Fenix Creative Photo Studio

Sepakbola

Ethereum

Ripple

Laman

LightBlog

Pages - Menu

Adbox

Bitcoin

Litecoin

7

News

Sports

Food

Technology

Featured

Videos

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Featured Posts

Statistik

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Random Posts

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Recent

Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Hello, here you can tell something about yourself or you can put your blog description here or even you can add some quote of your choice here. This is an optional text area which you can hide or delete from the layout. Its totally dependent upon you if you want this text area or not.

Ads

test

Sponsor Advertisement

Ads

Hey there, We are Blossom Themes! We are trying to provide you the new way to look and use the blogger templates. Our designers are working hard and pushing the boundaries of possibilities to widen the horizon of the regular templates and provide high quality blogger templates to all hardworking bloggers!

Follow us on FaceBook

Popular Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.